Sunday, January 8, 2012

Selling competition

Coklat Beschok
Sedikit Flashback mengenai kegiatan di YEA Batch XIII, setelah beberapa minggu mengikuti materi perkuliahan yang ada di YEA dari tanggal 11 Oktober 2011, akhirnya kami YEA Batch XIII diberikan "Tantangan" yang pertama yaitu (*drum drum drum drum drum drum)........ "SELLING COMPETITION !!! ", (*menggema ke seluruh dunia). Apa itu selling competition (sellcom) ?, secara harafiah (*cieee harafiah booo), selling competition berarti----> Sell : Menjual, Competition : Kompetisi, berlomba (*penulis blog merupakan lulusan tempat kursus inggris terkemuka di Bandung yang terletak di Jalan Banda), jadi secara singkat sellcom adalah berlomba berjualan. Tentunya teman-teman bertanya-tanya, menjual apa sih??? Inilah barang yang kita coba jual ke konsumen.
Coklat Beschok

Yapzz !!! coklat, atau dalam bahasa lainnya C-O-K-L-A-T (*sok pintar), coklat inilah yang akan menjadi bahan jualan kita selama 3 hari ke depan. Rulezzzz dari sellcom ini adalah :
  1. Barang yang sudah diterima tidak dapat dikembalikan
  2. Tidak boleh memakai konsep amal
  3. ......lupa lupa ingat tapi yang paling ingat
  4. WINNER TAKES ALL !!!!
akhirnya kita YEA Batch XIII dibagi 3 kelompok, :
Coklat Beschok dengan berbagai kemasan
  1. Didi (ketua), Daniel, Ichi, Sinta, In'am
  2. Dina (ketua), Simon, Ajus, Febri, Tallia, Yassir
  3. Chandra (ketua), Darbi, Nurus, Renda, Ripin
 
Chandra Mengemas coklat
Ripin Me-nyelotip
Jreng jreng, games pun di mulai, saling berlombalah antar kelompok (*blog sellcom ini akan dibicarakan dari sudut pandang Tim yang diketuai oleh Chandra). Oke, karena saya sebagai ketua dan sedang berlomba, yang terpikir oleh aku pertama kali adalah "packaging", "beli dimana", "sama siapa" (*kaya lagu...), setelah berdiskusi dengan Tim, akhirnya aku dan Nurus pergi ke Pasar Baru untuk beli kelengkapan belanja, sedangkan Darbi, Renda dan Ripin memikirkan HPP, Target Pasar, dan nama yang akan dipakai untuk produk coklat tersebut. Kembali dari Pasar Baru dan Cibadak, Tim langsung membuat packing coklat tersebut dan memberi nama produk kami "Beschok", ide ini dari Renda, dalam bahasa German artinya Best Chocolate, ternyata oh ternyata packaging coklat ini memakan waktu yang sangat sangat LAMAAAA !!!! , sampai tidak terpikir kemana coklat ini akan di jual, dan saat itulah Darbi mengeluarkan jurus Telemarketer-nya, dengan "senjata" yang tidak pernah terpikir oleh siapapun di dalam Tim kami, "senjata" itu adalah........"Handphone" (Telepon Genggam), dengan sigap Darbi (nama sebenarnya) mengambil lembaran dari alumni Entrepreneur Camp 48 dan mempraktekkan materi-materi yang ada dalam perkuliahan YEA......pesanan pun......berdatangan.....(*themesong horror)
Ruang Packaging Darurat
Nurus dgn hasil kemasan coklat

Darbi, Ripin, dan Renda
Kenapa Horror??? bukannya seneng??? well karena kita harus membungkus banyak sekali paket coklat, dan beneran banyak...banyak...banyak (*di ulang-ulang biar masuk ke alam bawah sadar). Setiap jam Tim kami mengemas coklat, memaketkan coklat, untuk makan siang kita sampai gantian, makan malam kita saling titip, jika kekurangan biaya untuk packaging anggota tim saling menyumbang, bahkan Darbi, Renda, dan Ripin sampai menginap di kampus untuk mengerjakan orderan pesanan (*salut untuk kalian guys, luar biasa), terkadang salah komunikasi dalam orderan, uang, dan hal-hal lain sebagainya yang membuat "emosi" sedikit terpancing. Alhamdulillah Tim kami bisa menghandle dengan bijak, Darbi dengan keahlian Telemarketernya, Renda dengan puisi dalam coklatnya, Nurus dengan keahlian membuat pita, Ripin yang siap sedia 24 jam, dan saya dengan usaha seadanya.
Setelah waktu yang di tentukan berakhir, mulailah mba Rina (fasilitator YEA) menimbang, menghitung, dan menilai tim mana yang menang, setelah proses penimbangan yang ketat dan cukup lama (5 menit), akhirnya berdasarkan data, fakta, dan cerita (*aku dan bintang) Alhamdulillah Tim saya (Chandra, Darbi, Nurus, Renda, dan Ripin) memenangkan sellcom di YEA Batch XIII.
Ki-Ka : Ripin, Renda, Nurus, Darbi, Chandra
Terimakasih kepada Tim, Darbi, Nurus, Renda, dan Ripin atas kerja keras, kerja cerdas, doa dan kesabarannya, buat teman-teman YEA Batch XIII tetap semangat, fokus pada tujuan kita berada di YEA, ambil hikmahnya, pelajarannya, dan lakukan yang terbaik, komitmen terhadap proyek-proyek YEA selanjutnya, CIAOOO !!!
*Foto berasal dari dokumentasi pribadi












No comments:

Post a Comment